hukum shalat berjamaah musik haramkah Pemprov Jateng ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah ahlussunnah wal jamaah

Sabtu, 23 Oktober 2010

Wireless Laptop Untuk Media Pembelajaran Web Based Learning


Tentu yang dimaksud disini bukan hanya sekedar WiFi saja, tapi laptopnya juga. Bisa? Tentu saja. Sistem penggunaannya sama seperti dalam jaringan Intranet biasa, hanya saja cara ini lebih mudah dan praktis.
Seperti yang kita ketahui, CMS MOODLE sangat mudah digunakan dalam proses belajar mengajar. Guru dapat mengintegrasikan Model Pembelajaran apapun sampai pada tahap penilaian dengan menggunakan dengan CMS ini.
Jika sebelumnya MOODLE dapat digunakan dalam jaringan internet dan Intranet, kenapa tidak jika kita gunakan CMS ini dengan memanfaatkan WiFi Laptop kita dalam mengajar di kelas. Tentunya siswa dalam kelas tersebut juga memiliki laptop untuk dihubungkan ke laptop guru. Setidaknya, beberapa laptop yang bisa digunakan untuk kelompok siswa.
Sistem kerjanya sebagai berikut. CMS MOODLE diinstal ke Laptop guru, tentu saja harus menginstal XAMPP dengan versi yang memadai. Materi pelajaran dan konten lainnya yang dianggap perlu diupload ke laptop guru. Laptop siswa dihubungkan ke laptop guru dalam jaringan ad hoc via WiFi. Dalam hal ini, laptop guru berfungsi sebagai server, dan laptop siswa berperan sebagai klien.
Mudah bukan? Sudah saatnya kita mengubah teknik penyampaian materi ajar kita. Ini juga termasuk inovasi dalam mengajar, walaupun termasuk inovasi sederhana.
Selamat mencoba

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai pembelajaran web, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1186/1/17109171.pdf
    trimakasih

    BalasHapus